Senin, 31 Agustus 2015

Contoh Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 3 SD

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SD ISLAM PLUS ARROSYIID
Kelas                           : 3 ( tiga )
Mapel                          : Penjasorkes
Semester                      : I ( satu )
Standar Kompetensi   : 1.Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama
A. Latihan Jalan
1.1.1 Melakukan gerakan jalan di tempat
1.1.2 Melakukan jalan  dengan permainan mengajak teman
1.1.3 Melakuakan jalan dengan berteman
1.1.4. Melakukan jalan di atas balok datar

- jalan ditempat
- permainan mengajak teman
- berjalan bergandengan tangan
- berjalan di atas balok

Tes pemberian tugas (kelompok)
Tes praktik
-Lakukan jalan ditempat dengan benar
-Lakukan jalan sambil berteman dengan benar
-Lakukanlah berjalan di atas balok
9x35 menit
3 pertm
Buku Penjasorkes Kls. 3
Halaman: 2 dan  5

B. Latihan Lari

1.1.5 Melakukan lari estafet
1.1.6 Melakukan lari sambil mendorong balon dengan koran


- berlari melingkar
- berlari dengan balon

Tes
pemberian tugas (perorangan)

Tes
 praktik

-Lakukan lari estafet dengan regumu
-Lakukan lari  dengan mendorong balon menempuh jarak 10 meter

Buku Penjasorkes kls 3
Halaman : 6 dan 7
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )









Mengetahui,
Kepala SD Islam Plus Arrosyiid



MASFIYAH, S.Ag
  NIP/NIK.

Mojokerto,                         2015
Guru Mapel PJOK



ASHAR UDHI ARTANTO
 NIP/NIK.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:   SDI ISLAM PLUS ARROSYIID
Mata Pelajaran
:   Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester
:  3 ( tiga )/ I (Satu )  
Pertemuan ke
:   I ( Satu )
Alokasi Waktu
:   2 x 35 Menit
Waktu Pelaksanaan
:   Senin, 27 Juli 2015


Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan  dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
Kompetensi Dasar: 1.1  Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama

I.  Tujuan Pembelajaran:
F Siswa dapat melakukan pola gerak lokomotora
F Siswa dapat mempraktekkan gerak lokomotor dengan permainan
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II.        Materi Ajar (Materi Pokok):
F Pola gerak lokomotor  dalam bentuk permainan
F Kombinasi berjalan(jalan jinjit,jalan menggunakan tungkai, jalan berkelok)
F Kombinasi gerak dasar lari (lari dengan mengangkat paha,lari dengan tumit menyentuh pantat,lari sambil menepuk tangan teman)
III. Metode Pembelajaran:
F Ceramah
F Demonstrasi
F Praktek
F Games
IV. Sumber dan Media
F Botol air bekas yang disi air
F Buku Penjaskes kls. 3
F Lapangan
F Pluit
F Kapur line/tali
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Alokasi waktu
A.        Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F Guru memberi salam kepada siswa dengan “Assalamualaikum wr.wb”
F Guru menyapa siswa dengan sapaan apa kabar?
F Membiasakan siswa berdoa dulu sebelum melakukan olahraga
F Mengecek kehadiran siswa
F Guru menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
F Siswa dengan dibimbing guru melakukan gerakan pemanasan yang berorientasi pada kegiatan inti
F Guru Mendemonstrasikan materi inti yang akan dilakukan/dipelajari
15 menit
B.  Kegiatan Inti:
Pertemuan I
§ Eksplorasi
F Siswa dibariskan menjadi dua banjar
F Jumlah siswa tiap banjar sama
F Guru mencontohkan gerak lokomotor (berjalan dan lari)
F Siswa dapat melakukan pola gerak lokomotor
F Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di lapangan.
§ Elaborasi
F Siswa melakukan gerakan kombinasi berjalan(jalan jinjit,jalan menggunakan tungkai, jalan berkelok)
F Siswa melakukan gerakan kombinasi lari (lari dengan mengangkat paha,lari dengan tumit menyentuh pantat,lari sambil menepuk tangan teman)
F Siswa diajak berlomba perkelompok
§ Konfirmasi
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
F Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran apa yang terkandung dalam proses belajar mengajar
45 menit
C.        Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F Siswa di kumpulkan mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/ diajarkan
F Memperbaiki tentang kesalahan-kesalahan gerakan
F Siswa dan guru berdoa sebelum mengakhiri kegiatan pembelajaran
10 menit
VI. Penilaian:
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran 
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
· Melakukan berbagai pola gerak lokomotor dengan tepat
· Melakukan kombinasi berjalan(jalan jinjit,jalan menggunakan tungkai, jalan berkelok)
· Melakukan kombinasi lari (lari dengan mengangkat paha,lari dengan tumit menyentuh pantat,lari sambil menepuk tangan teman)
Non Tes

Tes Keterampilan
·    Peragakan berbagai pola gerak lokomotor dengan tepat
·    Peragakan kombinasi berjalan(jalan jinjit,jalan menggunakan tungkai, jalan berkelok)
·    Peragakan kombinasi lari (lari dengan mengangkat paha,lari dengan tumit menyentuh pantat,lari sambil menepuk tangan teman)


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil praktek )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua bagus
* sebagian besar bagus
* sebagian kecil bagus
* semua kurang bagus
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.


3.
Pengetahuan


Praktek


Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1
4
2
1

LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performa
Produk
Jumlah
Skor
  Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
15.
16.
Adnan Agung D
Aisyah Hana 
An Nisa
Annisa Nur
Clarice E. O
Dentar M. A
Erika Intan 
Farrel A.W
Laila R.
Rafli F.D
Rahma A. 
Sonya 
Shabrina 
Zerlinda I.
Jaka Adi S.
Meisya A. I







Mengetahui,
Kepala SD Islam Plus Arrosyiid



MASFIYAH, S.Ag
NIP/NIK.

Mojokerto,                         
Guru Mapel PJOK



ASHAR UDHI ARTANTO
       NIP/NIK :






Tes Pengetahuan Siswa
images.jpg 








A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar.
1.     Posisi badan ketika jalan di tempat adalah ....


a.   Bungkuk
b.  Jongkok
c.   Tegak
d.  lurus


2.    Gerakan gerak jalan membutuhkan ...


a.   Kecepatan
b.  Ketelitian
c.   Kekompakan
d.  kekuatan


3.    Jalan jinjit dapat menguatkan otot ....


a.   Lengan
b.  Kaki
c.   Bahu
d.  paha




4.    Pada jalan jongkok, posisi tangan ada di ....


a.   samping badan
b.  kaki
c.   tengkuk
d.  atas perut


5.    Gerakan yang melatih ketangkasan adalah ....


a.   lari zig-zag
b.  jalan di tempat
c.   mengayun lengan
d.  lari estafet


6.    Jalan satu kaki membuat … kita membaik.


a.   Kecepatan
b.  Keseimbangan
c.   Ketepatan
d.  kelentukan


7.    Lari estafet disebut juga ....


a.   lari berantai
b.  lari zig-zag
c.   lari marathon
d.  lari sprint


8.    Mengayun lengan dapat membuat … kita kuat.


a.   otot bahu
b.  otot tangan
c.   otot kaki
d.  otot lengan


9.    Gerakan menendang terdapat dalam permainan ….


a.   bola basket
b.  sepak bola
c.   bola tangan
d.  bola voli


10. Latihan membungkuk dapat dilakukan dalam ....


a.   memasukkan bola ke keranjang
b.  menendang dan menahan bola
c.   melempar dan melambungkan bola
d.  permainan penyampai bola




B.Isilah titik-titik berikut dengan benar.
1.     Jalan ... bertumpu pada ujung kaki.
2.     … di atas balok dapat melatih keseimbangan tubuh.
3.    Menendang bisa menggunakan … atau kaki bagian dalam.
4.    Jika kita mengayun tangan kanan, maka arahnya dari … ke ….
5.    Melempar bola ke ring, terdapat dalam permainan ….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar