SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SD ISLAM PLUS ARROSYIID
Kelas : 3 ( tiga )
Mapel : Penjasorkes
Semester : I ( satu )
Standar
Kompetensi : 1.Mempraktikkan berbagai
kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan
sederhana, serta aturan dan kerja sama
|
A. Latihan Jalan
|
1.1.1 Melakukan gerakan jalan di tempat
1.1.2 Melakukan jalan dengan permainan
mengajak teman
1.1.3 Melakuakan jalan dengan berteman
1.1.4. Melakukan jalan di atas balok datar
|
- jalan ditempat
- permainan mengajak teman
- berjalan bergandengan tangan
- berjalan di atas balok
|
Tes pemberian tugas
(kelompok)
|
Tes praktik
|
-Lakukan jalan
ditempat dengan benar
-Lakukan jalan
sambil berteman dengan benar
-Lakukanlah berjalan di atas balok
|
9x35 menit
3 pertm
|
Buku Penjasorkes Kls. 3
Halaman: 2 dan 5
|
B. Latihan Lari
|
1.1.5 Melakukan lari estafet
1.1.6 Melakukan lari sambil mendorong balon dengan koran
|
- berlari melingkar
- berlari dengan balon
|
Tes
pemberian tugas (perorangan)
|
Tes
praktik
|
-Lakukan lari
estafet dengan regumu
-Lakukan
lari dengan mendorong balon menempuh
jarak 10 meter
|
Buku Penjasorkes kls 3
Halaman : 6 dan 7
|
||
Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin (
Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
||||||||
Mengetahui,
Kepala SD Islam Plus Arrosyiid
MASFIYAH, S.Ag
NIP/NIK.
|
Mojokerto, 2015
Guru Mapel PJOK
ASHAR UDHI ARTANTO
NIP/NIK.
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah
|
: SDI ISLAM PLUS ARROSYIID
|
Mata
Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan
|
Kelas/Semester
|
: 3 ( tiga )/ I (Satu )
|
Pertemuan ke
|
: I ( Satu
)
|
Alokasi
Waktu
|
: 2 x 35
Menit
|
Waktu
Pelaksanaan
|
: Senin, 27 Juli 2015
|
Standar Kompetensi: 1. Mempraktikkan berbagai
kombinasi gerak dasar melalui permainan
dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Kompetensi Dasar: 1.1 Mempraktikkan kombinasi berbagai
pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja
sama
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
I. Tujuan
Pembelajaran:
F Siswa
dapat melakukan pola gerak lokomotora
F Siswa dapat mempraktekkan
gerak lokomotor dengan permainan
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
Ketelitian (
carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
II. Materi
Ajar (Materi Pokok):
F Pola
gerak lokomotor dalam
bentuk permainan
F Kombinasi berjalan(jalan
jinjit,jalan menggunakan tungkai, jalan berkelok)
F Kombinasi
gerak dasar lari (lari dengan mengangkat paha,lari dengan tumit menyentuh
pantat,lari sambil menepuk tangan teman)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
III. Metode
Pembelajaran:
F Ceramah
F Demonstrasi
F Praktek
F Games
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
IV. Sumber dan Media
F Botol air bekas yang disi air
F Buku Penjaskes kls. 3
F Lapangan
F Pluit
F Kapur line/tali
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
V. Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. Kegiatan Awal:
Apresepsi dan Motivasi
F
Guru memberi salam kepada siswa dengan “Assalamualaikum
wr.wb”
F
Guru menyapa siswa dengan sapaan apa kabar?
F
Membiasakan siswa berdoa dulu sebelum melakukan
olahraga
F
Mengecek kehadiran siswa
F
Guru menegur siswa yang tidak berpakaian lengkap
F
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
F
Siswa dengan dibimbing guru melakukan gerakan pemanasan
yang berorientasi pada kegiatan inti
F
Guru Mendemonstrasikan materi inti
yang akan dilakukan/dipelajari
|
15 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. Kegiatan Inti:
Pertemuan
I
§
Eksplorasi
F
Siswa dibariskan menjadi dua banjar
F
Jumlah siswa tiap banjar sama
F
Guru mencontohkan gerak lokomotor (berjalan dan lari)
F
Siswa dapat melakukan pola gerak lokomotor
F
Melibatkan siswa secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran dan
F
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di
lapangan.
§
Elaborasi
F
Siswa melakukan gerakan kombinasi berjalan(jalan
jinjit,jalan menggunakan tungkai, jalan berkelok)
F
Siswa melakukan gerakan kombinasi lari (lari dengan
mengangkat paha,lari dengan tumit menyentuh pantat,lari sambil menepuk tangan
teman)
F
Siswa diajak berlomba perkelompok
§
Konfirmasi
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
F
Guru bersama siswa menyimpulkan pelajaran apa yang
terkandung dalam proses belajar mengajar
|
45 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru:
F
Siswa di kumpulkan
mendengarkan penjelasan dari guru tentang materi yang telah dilakukan/
diajarkan
F
Memperbaiki tentang
kesalahan-kesalahan gerakan
F
Siswa dan guru berdoa sebelum
mengakhiri kegiatan pembelajaran
|
10 menit
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
VI.
Penilaian:
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& Produk
( hasil praktek
)
& Performansi
LEMBAR PENILAIAN
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mengetahui,
Kepala SD Islam Plus
Arrosyiid
MASFIYAH, S.Ag
NIP/NIK.
|
Mojokerto,
Guru Mapel PJOK
ASHAR UDHI ARTANTO
NIP/NIK :
|
Tes Pengetahuan Siswa
A.
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar.
1.
Posisi badan ketika jalan di tempat
adalah ....
a. Bungkuk
b. Jongkok
c. Tegak
d. lurus
2.
Gerakan gerak jalan membutuhkan ...
a. Kecepatan
b. Ketelitian
c. Kekompakan
d. kekuatan
3.
Jalan jinjit dapat menguatkan otot
....
a. Lengan
b. Kaki
c. Bahu
d. paha
4.
Pada jalan jongkok, posisi tangan ada
di ....
a. samping
badan
b. kaki
c. tengkuk
d. atas
perut
5.
Gerakan yang melatih ketangkasan
adalah ....
a. lari
zig-zag
b. jalan
di tempat
c. mengayun
lengan
d. lari
estafet
6.
Jalan satu kaki membuat … kita membaik.
a. Kecepatan
b. Keseimbangan
c. Ketepatan
d. kelentukan
7.
Lari estafet disebut juga ....
a. lari
berantai
b. lari
zig-zag
c. lari
marathon
d. lari
sprint
8.
Mengayun lengan dapat membuat … kita
kuat.
a. otot
bahu
b. otot
tangan
c. otot
kaki
d. otot
lengan
9.
Gerakan menendang terdapat dalam
permainan ….
a. bola
basket
b. sepak
bola
c. bola
tangan
d. bola
voli
10. Latihan
membungkuk dapat dilakukan dalam ....
a. memasukkan
bola ke keranjang
b. menendang
dan menahan bola
c. melempar
dan melambungkan bola
d. permainan
penyampai bola
B.Isilah titik-titik berikut dengan benar.
1.
Jalan ... bertumpu pada ujung kaki.
2.
… di atas balok dapat melatih keseimbangan
tubuh.
3.
Menendang bisa menggunakan … atau
kaki bagian dalam.
4.
Jika kita mengayun tangan kanan, maka
arahnya dari … ke ….
5.
Melempar bola ke ring, terdapat dalam
permainan ….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar