
Laporan pembuatan media pembelajaran
“Teka-Teki Ilmu”
Dosen pembimbing : DANANG PRASTYO, M.Pd
A.
Bahan dan alat
1.
Bahan
a.
Kayu triplek
b.
Lem kayu
c.
cat
d.
stiker
e.
pertanyaan dan
jawaban tentang pelajaran yang akan di belajarkan . dan gambaran teka-teki yang
akan dibuat
2.
Alat
a.
Gergaji kayu
b.
Gergaji
c.
Kuas cat
B.
Proses pembuatan
1.
Membuat design
stiker
a)
Mendownload
gambar di internet, semenarik mungkin.
b) Edit
di adobe photoshop.
c)
Tentukan
ukuran kertas serta ukuran pixel yang akan dibuat, lebih baik yang besar.
d) Masukkan
gambar yang telah di download untuk dijadikan background.
e)
Mengedit
gambar yang ditambahi kotak teka-teki di atasnya, tanpa menutupi gambar
background (kotak teka-teki transparan).
f)
Pada
kotak-kotak teka teki diberi jawaban pertanyaan yang sudah disediakan.
g)
Save design
sticker yang telah dibuat.
h) Kemudian
print pada kertas sticker. Bisa di percetakan sticker
2.
Membuat puzzel
a)
Menyiapkan
alat dan bahan yang diperlukan.
b)
Menyiapkan 2
triplek yang sama luasnya. Untuk ukuran bisa sesuai sticker yang telah di
cetak.
c)
Tempelkan
sticker pada salah satu triplek.
d)
Kemudian
potong bagian kotak teka-teki (puzzel) menggunakan gergaji pentang.
e)
Rekatkan
triplek yang satu (triplek dasar) ke balik triplek yang bersticker menggunakan
lem kayu.
f)
Tunggu sampai lem merekat dengan kuat.
g)
Kotak bekas
potongan teka-teki yang sudah bolong di beri garis-garis pemisah kotak puzzel
pada triplek dasarnya.
h)
Beri pigora
agar media menjadi menarik.
i)
Jangan lupa
buat daftar pertanyaan di kertas atau buku panduan.
j)
Teka-teki ilmu
siap
C.
Cara penggunaan media pembelajaran
1. Teka teki ilmu
ini seperti puzzle, jadi yang pertama dilakukan adalah mengambil huruf-huruf
yang bisa dilepas. Tapi sebelum melakukan kegiatan ini tangan harus dalam
keadaan kering.
2. Setelah huruf
dilepasi semua. Selanjutnya huruf di acak agar bisa terpisah pisah.
3. Lalu teka teki
bisa di tata kembali dengan mengambil pertanyaan yang disediakan.
4. Pertanyaan
yang disediakan ada dua macam yaitu pertanyaan untuk mendatar dan menuru.
5. Setiap
pertanyaan mewakili satu kata. Agar kata dapat terbentuk dengan benar,
perhatikan gambar yang ada di teka teki karena teka teki ini selain merangkai
kata juga membentuk gambar.
6. Setelah teka
teki sudah terisi semua. Cocokkan jawaban di lembar kunci jawaban
D.
Anggaran
1.
Triplek bahan tidak terpakai
2.
Lem kayu bahan sisa
3. Cat bahan sisa
4. Stiker Rp. 8.000,-
5.
Ongkos tukang kayu untuk
gergaji Rp.6.000,- +
Rp.14.000,- saja (murah-meriah bangeet :)
E.
Kelebihan
1.
Bisa digunakan
untuk beberapa mata pelajaran di SD (Non eksak).
2.
Menarik
perhatian anak-anak.
3. Media
pembelajaran ini praktis sehingga dapat mudah digunakan oleh siswa.
4. Alat dan bahan
untuk pembuatan media pembelajaran ini mudah didapat.
5. Alat
dan bahannya murah.
F.
Kelemahan
1.
Papan
teka-teki hanya bisa digunakan satu bahasan saja.
A.
Kesimpulan
Dengan menggunakan media “ teka-teki ilmu”
ini, dapat memudahkan guru dalam proses belajar mengajar, dan dapat memudahkan
siswa dalam memahami materi pembelajaran serta menarik perhatian anak-anak.
B.
Saran
1.
Diharapkan
guru dapat menggunakan media pembelajaran ini sesuai dengan semestinya.
2.
Diharapkan
guru dapat menerapkan media pembelajaran ini dengan sebaik-baiknya.
3. Diharap
guru selalu mendampingi siswa dalam penngunaan media ini.
4. Diharap
guru mampu membuat media ini, karena mudah membuatnya.,
5.
Untuk pengguna
media ini gunakanlah media ini dengan baik.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar